Rabu, 02 Desember 2015

ESSAI JAMUR TIRAM

ESSAI
Crispy Jamur Tiram “Sehat, Lezat Dan Nikmat”





Disusun oleh
IRSALINA SANTI KHASANAH
SMA NEGERI 1 CEPER
Kajen, Ceper, Klaten 57465 No Telp. (0272) 3101635
2014


 Crispy Jamur Tiram “Sehat , Lezat Dan Nikmat “
Jawa tengah merupakan salah satu propinsi yang mempunyai potensi industri, berbagai macam ragam olahan makanan diproduksi  dibeberapa daerah. Seiring perkembangan zaman,  produksi pangan dalam negeri dari tahun ke tahun juga semakin meningkat akan tetapi tersisihkan produk dari luar.Lonceng globalisasi sudah berdentang, saat ini sudah tidak asing lagi anak-anak yang tinggal di pedesaan berbicara mengenai fastfood. Mereka mengenal fastfood melalui media cetak maupun elektronik. Makanan siap saji (makanan instan) berbahaya bagi kesehatan namun masyarakat belum menyadarinya. Banyakproduk luar negeri seperti outlet Kentuky Fried Chicken (KFC), Mc. Donald, Dunkin Dougnat, Pizza Hut, dan lain-lain sudah dibuka di kota-kota kabupaten bahkan ada yang sudah masuk ke kota kecamatan dan siap bersaing merebut selera konsumen. Selera khususnya pada makanan tidak mengenal nasionalisme. Dengan akan di launchingnya perdagangan bebas 2015 perlu diwaspadai karena menimbulkan kekawatiran tersisihnya produk Indonesia maka perlu digalakkangerakan "Aku Cinta Makanan Indonesia" yang dijamin keamanannya bagi kesehatan.
Jamur Tiram mengandung gizi yang baik untuk kesehatan sehingga perlu dikembangkan produk hasil olahan dari jamur tiram seperti “Crispy Jamur Tiram”. Rasa crispy jamur tiram tak kan kalah bersaing dengan  KFC.
Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) atau sering disebut dengan King Oyster Mushroom adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycotinadan masuk sub kelas Homobasidiomycetes. Jamur tiram mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
·         Tubuh buah berwarna putih hingga krem.
·         Bentuk tudung setengah lingkaran atau mirip dengan cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.
·         Memiliki tangkai yang tumbuh menyamping.
·         Memiliki miselia berwarna putih yang bisa tumbuh dengan cepat.

k


Gambar 1. Jamur Tiram.
          Kandungan Asam Amino dan Gizi JamurTiram
         
Asam Amino
Dalam %
Komposisi
Dalam %
Leucine
Isoleucine
Valine
Lysine
Triptophan
Threonine
Phenylalanin

5,6
3,2
4,1
4,9
1,6
3,4
2,4

Protein
Karbohidrat
Abu
Lemak
Serat
Kalori
27
58
9,3
1,6
11,5
265,5 kl

Dalam jamur tiram segar per 100 gram mengandung gizi yaitu protein (13,8 gram), serat (3,5 gram), lemak (1,41 gram), abu (3,6 gram), karbohidrat (61,7 gram), kalori (0,41 gram), kalsium (32,9 gram), zat besi (4,1 gram), fosfor (0,31 gram), vitamin B1 (0,12 gram), vitamin B2 (0,64 gram), vitamin C (5 gram), niacin (7,8 gram).
     Hasil penelitian  kedokteran secara klinis, menunjukan bahwa kandungan senyawa kimia khas jamur tiram berkhasiat mengobati berbagai penyakit manusia seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kelebihan kolesterol, anemia, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan polio dan influenza serta kekurangan gizi. Jamur tiram mengandung senyawa pleuran yang berkhasiat sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, serta bertindak sebagai antioksidan, dan juga dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi. Selain itu, jamur tiram juga dapat membunuh nematoda. Adanya polisakarida, khususnya Beta-D-glucans pada jamur tiram mempunyai efek positif sebagai antitumor, antikanker, antivirus (temasuk AIDS), melawan kolesterol, antijamur, antibakteri, dan dapat menigkatkan sistem imun. Jamur tiram juga dipercaya mampu membantu penurunan berat badan karena berserat  ( lignoselulosa) tinggi dan membantu pencernaan makanan.Kandungan gizi yang tinggi pada jamur tiram menjadi inspirasi untuk dijadikan produk olahan yang sehat dan dikemas lebih menarik agar dapat bersaing dengan  produk dari luar seperti “ Crispy Jamur Tiram”.
Pembuatan crispyjamur tiram sangat mudah, bahan yang diperlukan juga mudah didapat. Harga jamur tiram lebih murah dibandingkaan dengan harga ayam.
Bahan-bahan yang diperlukan dalam  pembuatan crispy jamur tiram sebagai berikut:
  • jamur tiram 250gr  dibersihkanlalu dicuci lalu disuwir-suwir menurut selera
  • tepung beras, 50gr 
  • tepung terigu, 250gr 
  • tepung maizena, 50gr 
  • 2 buah telur, dikocok lepas
  • Setengah sendok teh baking soda
  • Sertengah sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 3 biji bawang bawang putih, dihaluskan
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat Crispy Jamur Tiram yang Gurih dan Renyah
  1. Potong batang dari jamur tiram sehingga menyisahkan lembaran kepala jamur tiramnya saja
  2. Dicuci hingga bersih
  3. Tepung beras, tepung terigu serta tepung maizena dicampurkan kemudian setelah itu di aduk-aduk hingga rata.
  4. Siapkan telur dan kocok lepas. Tambahkan bawang putih, garam, dan kaldu bubuk. Lalu aduk-aduk sampai rata.
  5. Jamur dimasukan dengan cara dicelup kedalam adonan telur lalu gulingkan pada tepung. Ulangi sekali lagi sampai semuanya habis.
  6. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng jamur yang sudah diguling-gulingkan dengan tepung tadi. Goreng sampai matang hingga berwarna kuning kecoklatan kemudian diangkat dan ditiriskan.


Jamur tiram dikatakan sehat  karena selain kandungan gizi dan manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan, juga dapat dilihat dari proses pembuatan jamur tiram.  Jamur tiram  merupakan salah satu komoditas pertanian yang dalam proses produksi tidak menggunakan pupuk kimia sintetis, sehingga jamur tiram  ini tergolong bebas dari serapan bahan kimia sintetis. Dalam proses produksinya, jamur tiram juga tidak terlalu banyak terkontaminasi oleh paparan pestisida, karena memang penanggulangan hama dan penyakitnya sangat sedikit melibatkan pestisida, bahkan banyak diantara pembudidaya jamur tiram yang tidak melibatkan pestisida untuk menangani serangan hama penyakit. Jamur tiram juga memiliki sifat yang dapat menyerap racun, sehingga tidak perlu dikhawatirkan lagi terhadap paparan bahan kimia pada bahan pangan ini.

Setelah kita mengetahui kandungan gizi dan manfaat yang terkandung di dalam jamur tiram dapat kita simpulkan bahwa kripik jamur tiram dapat kita tingkatkan produksi dan pemasarannya, sehingga dapat menyaingi produk luar negri.Kandungan gizi yang sangat lengkap tersebut menjadikan jamur tiram memiliki kualitas gizi yang lebih baik jika dibandingkan dengan daging ayam. Oleh karena itu, komoditas ini diharapkan mampu menjadi alternatif bahan pangan masa depan. Disamping nilai gizinya yang tinggi, jamur tiram juga mudah dimasa dan diolah sesuai dengan selera. Bahan pangan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai lauk maupun sayur. Jamur tiram juga bisa disajikan dengan menu apapun, karena memang sifatnya yang sangat fleksibel untuk diolah sebagai makanan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

IESKHA Template by Ipietoon Cute Blog Design